fbpx
sejarah kanker

Sejarah Kanker

Banyak orang berpikir kalau penyakit kanker merupakan penyakit modern yang baru terjadi akhir-akhir ini sebagai dampak pola hidup tidak sehat.  Namun ternyata berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of The Witwatersrand, Afrika Selatan yang dilansir www.dw.com, membuktikan bahwa penyakit kanker sudah ada sejak 1,7 juta tahun lalu. Lalu siapa yang pertama kali membuat istilahnya dan bagaimana sejarahnya?

Deskripsi tertua yang dapat ditemukan berasal dari Mesir, sekitar 3000 SM. Deskripsi tersebut merupakan salinan bagian dari buku teks Mesir kuno tentang pembedahan trauma, dikenal sebagai Edwin Smith Papyrus yang menggambarkan 8 kasus tumor atau borok pada payudara yang dikeluarkan dengan kauterisasi.

Hippocrates, dokter Yunani kuno (460-370 SM), menggunakan istilah karsinoid dan karsinoma untuk menggambarkan borok (ulcer) yang mirip tumor. Dalam bahasa Yunani, karsinoid dan karsinoma merujuk pada kepiting. Yang pada akhirnya diterjemahkan dalam bahasa latin menjadi cancer.

pada tahun 3000-1500 SM, nenek moyang mengobati tumor payudara dengan cara kauterisasi, yaitu proses penghancuran jaringan tumor payudara dengan bor api (fire drill). Pada tahun 1880, para ahli mulai menggunakan prosedur mastektomi untuk mengangkat payudara yang terkena tumor. Pada tahun 1901, Wilhelm Conrad Roentgen berhasil menemukan terapi radiasi sinar X untuk mengobati kanker dan pada tahun 1950, prosedur kemoterapi ditemukan. Metode ini dilakukan dengan cara merusak DNA dan menghancurkan sel kanker.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top