fbpx

KESERUAN KOPI DARAT APHERESIS SQUAD 2023

Dalam rangka merayakan ulang tahun YLAB (Yayasan Laskar Aferesis Berbagi) ke 4 dan memperkuat rasa kekeluargaan antar pendonor YLAB, maka di tanggal 18-19 Maret 2023 YLAB mengadakan acara KOPDAR YLAB bertemakan “Dear Donor”. Acara kopi darat para pendonor aferesis sukarela ini dilaksanakan di Kinasih Resort Sukabumi dan di sponsori oleh PT. Fresenius Kabi Indonesia dan PT. Transmedic Indonesia dan PT. Itama Ranoraya, Tbk.

Acara yang dihadiri oleh 120 peserta ini dimulai dengan cara yang unik. Mengambil ide “Amazing Race”, para pendonor YLAB berkumpul pada hari Sabtu 18 maret 2023 di Rumah Sakit Kanker Dharmais pukul 07.00 WIB. Para pendonor kemudian dikelompokkan ke dalam 6 grup berisikan 10 orang dengan 1 orang panitia pendamping.

Di  momen ini, peserta diinformasikan lokasi acara Kopdar sesungguhnya dan tiap kelompok perlu berlomba ke lokasi Kopdar secara mandiri menggunakan transportasi dengan berbekal  dana sebesar Rp.400.000,- per kelompok. Masing – masing team saling beradu strategi menggunakan dana seefektif dan seefisien mungkin dan tepat pukul 08.00 WIB perlombaan pun dimulai. Dengan ini para peserta diharapkan bisa mengenal dan bercengkrama satu sama lain. Disinilah rasa solidaritas antar pendonor juga diharapkan bisa semakin kuat karena tiap grup harus bergerak bersama dan saling memperhatikan anggota tim.

Setibanya di lokasi Kopdar, para peserta dipersilakan untuk beristirahat sejenak dan menyantap makan siang bersama. Selepas itu, para peserta diajak untuk kembali berkumpul dengan kelompoknya masing masing dan mengikuti kegiatan team building. Seperti halnya “Amazing Race” yang dilakukan pagi hari, kegiatan team building dibuat untuk saling mengenal satu sama lain dan melatih kekompakan antar anggota.

Pukul 16.00 WIB, acara Kopi Darat “Dear Donors” secara resmi dibuka dengan sambutan dari ketua Yayasan Laskar Aferesis Berbagi, Mohammad Ramadhon yang dilanjutkan dengan laporan pencapaian YLAB sepanjang tahun 2022. Laporan yang disampaikan dapat dibaca di sini. Pelaksanaan kegiatan Kopi Darat ini tahun ini bertepatan juga dengan hari jadi ke-4 Yayasan Laskar Aferesis Berbagi. Oleh karena itu,ketua YLAB, M. Ramadhon dan Ketua Pengawas YLAB, dr. Yanto Ciputra,  M.Biomed melakukan seremonial pemotongan kue ulang tahun. “Saya berharap YLAB bisa terus berkembang di tahun tahun selanjutnya”, ujar M. Ramadhon.

Acara dilanjutkan dengan sesi Focus Group Discussion, yaitu diskusi antar para pendonor dengan pengurus YLAB untuk membahas bagaimana cara merekrut pendonor baru aferesis. Hal yang melatarbelakangi sesi ini adalah adanya kekhawatiran Yayasan Laskar Aferesis Berbagi mengenai sulitnya memenuhi seluruh kebutuhan trombosit dari UTD yang terafiliasi dengan YLAB jika hanya mengandalkan pendonor sukarela yang ada. Dengan pelaksanaan sesi ini, YLAB berharap bisa mendapat masukan yang berharga berupa cara-cara yang pernah mereka lakukan untuk meningkatkan jumlah pendonor baru dan bagaimana cara mengedukasi para pendonor pemula agar bisa tetap rutin melakukan kegiatan donor. Para pendonor terlihat antusias mengemukakan pendapat. Namun karena waktu yang terbatas, sebagian pendapat disampaikan setelah sesi selesai.

Pada sesi diskusi ini, kami berhasil megidentifikasi apa saja tantangan saat merekrut calon pendonor dan bagaimana cara berbagi informasi  kepada calon pendonor tentang seluk  beluk aferesis dan apa saja hal  yang bisa diperbaiki atau ditingkatkan agar kegiatan donor aferesis bisa lebih nyaman dan menyenangkan bagi para pendonor.  Dengan adanya sesi ini, pengurus diharapkan bisa mengimplementasikan masukan yang ada dan dapat meningkatkan jumlah pendonor baru sehingga kebutuhan trombosit dapat selalu terpenuhi.

Setelah acara diskusi selesai, para peserta diberi kesempatan untuk beristirahat sejenak dan makan malam bersama. Acara dilanjutkan kembali dengan pemaparan seminar yang berjudul “Adverse Reactions on Apheresis Donation and Ways to Avoid it” oleh dr. Yanto Ciputra, M.Biomed selaku Kepala Bank Darah RS Kanker Dharmais dan drNova Surya Indah Hippy, M.Biomed dari UPTD PMI Pusat.

Seminar yang dimoderaori oleh Siti Nurhawati ini diawali dengan pemaparan oleh drNova Surya Indah Hippy, M.Biomed tentang seluk beluk donor aferesis, istilah hingga alasan yang mendasari sederet pertanyaan yang diajukan kepada pendonor aferesis sebelum donor dilakukan. Kemudian dr. Yanto Ciputra, M.Biomed memaparkan tentang apa saja efek – efek negatif yang mungkin dirasakan oleh pendonor saat sedang melakukan kegiatan donor aferesis. Beliau berkelakar “Semoga yang saya sampaikan gak malah bikin takut ya”.

Tema seminar ini dipilih sebagai salah satu upaya menyebarluaskan informasi penting seputar efek samping yang mungkin dialami pendonor aferesis. Seperti yang diketahui bersama, pendonor yang rutin donor sekalipun masih mungkin enggan donor kembali jika mengalami hal yang kurang nyaman selama donor, salah satunya efek-efek samping ini. Dari pemaparan ini diharapkan para pendonor tidak menjadi takut untuk berdonor tapi bisa mencegah dan mampu mengatasi efek donor yang akan terjadi. Sesi seminar ini diikuti dengan penuh antusias para peserta dan mereka juga silih berganti mengajukan pertanyaan ke narasumber hingga tak terasa acara seminar ini baru selesai hampir tengah malam. Sesi seminar ini ditayangkan secara langsung dan dapat dilihat kembali di akun Instagram @apheresissquad.

Setelah satu hari yang padat, hari kedua pelaksanaan Kopdar dipenuhi dengan kegiatan yang menyenangkan. Selesai sarapan seluruh peserta Kopdar mengikuti acara outbound. Para peserta dipersilahkan memilih satu dari dua kegiatan outbound, yaitu  rafting atau paint ball. Keseruan pun dimulai dan para peserta sangat menikmati sesi  yang memacu adrenalin ini.

Pada pukul 12.00 WIB para peserta yang telah selesai menikmati outbond dipersilahkan untuk makan siang. Setelah itu, panitia mengumumkan nama kelompok pemenang lomba dan pembagian doorprize. Sebelum penutupan, para peserta bertukar kado dan foto bersama. Para peserta mengungkapkan kegembiraan dan rasa puas selama mengikuti kegiatan Kopdar tahun ini. Meskipun masih ada hal yang perlu diperbaiki, seluruh peserta menyatakan tidak sabar menunggu kegiatan Kopi Darat di tahun-tahun berikutnya.

Sampai jumpa di acara Kopdar selanjutnya !!!

1 thought on “KESERUAN KOPI DARAT APHERESIS SQUAD 2023”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top