fbpx

Kenapa Penderita Kanker Perlu Masker ?

Perubahan Musim dari panas ke dingin ataupun sebaliknya membuat banyak orang memperkuat daya tahan tubuhnya mereka membuat langkah – langkah tambahan supaya terhindar dari penyakit. Bagi penderita kanker tindakan seperti ini bukan tindakan musiman, tetapi tindakan yang harus di lakukan setiap hari, karena apabila dia terkena infeksi, bakteri ataupun virus, ini bisa membuat implikasi yang serius terhadap kesehatan mereka dan juga akan mengganggu waktu perawatannya.

Kenapa Pasien kanker mempunyai tindakan – tindakan yang lebih untuk melindungi diri mereka  daripada manusia sehat pada umumnya, kita lihat beberapa penjelasan berikut ini :
Pengobatan kanker tertentu bisa melemahkan sistem kekebalan penderita kanker, membuat mereka lebih rentan sakit dibandingkan orang pada umumnya, apakah itu dari makanan yang terkontaminasi, kuman yang menyebar di udara, atau virus pada permukaan-permukaan yang tidak bersih. Membersihkan tangan dengan cara yang benar adalah langkah pertama dalam melindungi diri sendiri, karena banyak infeksi menyebar dengan menyentuh permukaan yang kotor, kata Dr. Chowdhury. (Sumber halaman CancerCenter.com)

Kita baca juga sebagian yang saya kutip dari media online Kompasiana.com – 25 september 2017  – dengan judul “ Kemoterapi haruskah di lakukan ?
seorang ahli biologi bernama Paul Ehrlich menciptakan kemoterapi, yang tujuannya adalah menyembuhkan penyakit kanker dengan cara menghambat atau menghentikan pertumbuhan kanker pada tubuh manusia. Cara kerja kemoterapi adalah fase mitosis pada sel – sel yang berkembang secara cepat, dan diharapkan supanya menghambat pertummbuhan tidak terkontrol dari sel kanker. Maka hasil dari kemoterapi ini akan merusak semua sel yang sedang aktif berkembang, seperti rambut, sehingga rata-rata orang yang selesai melakukan kemoterapi akan mengalami kebotakan. Bukan hanya rambut, sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit pasti akan menurun karena tidak terjadi perbanyakan sel. Maka pasien akan mengalam gejala mual dan muntah, disertai dengan perontokan rambut, semua itu disebabkan oleh sel yang seharusnya terus berkembang berhenti melakukan perkembangan bahkan mati. Informasi ini bisa anda cari lebih jauh di Wikipedia English dan Wikipedia Indonesia.

Maka dari itu para ahli merekomendasikan bahwa pasien melindungi diri mereka sendiri dengan mengambil tindakan tindakan tertentu , tindakan yang diambil salah satunya dengan menggunakan Masker, kita sekarang tau betapa pentingnya masker  untuk para penderita kanker ataupun yang sudah sembuh dari kanker yang sudah menjalani kemoterapi.

“Kemampuan melawan infeksi pasien kanker tidak sama dengan kemampuan individu normal. Infeksi pada pasien kanker serius, dan melindungi diri Anda sangat penting. ”

Dr Mashiul Chowhury, MD – Kepala Divisi Penyakit Menular di CTCA


Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top