fbpx

Frisian Flag Indonesia Peduli

Sebagai bentuk langkah wujud nyata dalam meningkatkan kesehatan dan kualitas hidupmanusiadi tengah wabah Virus Corona atau Covid-19, Frisian Flag Indonesia telah menyalurkan donasi dalam bentuk susu kotak bubuk Frisian Flag, yang disalurkan melalui Yayasan Laskar Aferesis Berbagi (YLAB) sejak Oktober 2020 hingga saat ini. Total donasi yang telah disalurkan terhitung 1000 dus susu UHT (periode Oktober 2020 hingga Februari 2021) dan donasi terus berlanjut hingga mencapai 3428 kotak susu bubuk di Juli 2021.

Donasi susu telah disalurkan langsung kepada kurang lebih 400 orang pasien anak (terutama pasienkanker anak), yang tersebar di 6 Rumah Sakit di wilayah DKI Jakarta, diantaranya : RSK Dharmais, RS Harapan Kita, RSUP Fatmawati, RS Kramat 128, RSCM, dan RSPAD. Beserta 6 Rumah Singgah, diantaranya : Komunitas Ayah Sarah, Sedekah Rombongan, LPK, Aafiyat, IZI dan Peduli.Hingga saat ini bisa dipastikan jumlah penerima lebih banyak dari biasanya. Sebagai contoh, jumlah penerima donasi di rumah singgah IZI meningkat hingga 2 kali lipat, juga di RS Harapan Kita meningkat hingga 3 kali lipat dari sebelumnya.

Sejatinya, langkah tersbut menjadi bagian penting Frisian Flag Indonesia dalam menjalani perannya sebagai penyedia nutrisi yang baik bagi masyarakat Indonesia, yang terkandung dalam susu yang diproduksi. Dimana berdasarkan data hasil studi SEANUTS (South East Asian Nutrition Survey) yang diinisiasi oleh FrieslandCampina pada 2012 terhadap lebih dari 16000 anak yang berusia 6 bulan hingga 12 tahun, menunjukkan bahwa anak-anak Indonesia mengalami berbagai permasalahan terkait dengan kesehatan dan gizi. seperti kurang aktif, malnutrisi, kekurangan vitamin D serta gangguan pertumbuhan fisik atau stunting. Salah satu sebab adalah kurangnya konsumsi susu.

            Susu sangat bermanfaat untuk balita dan anak – anak, terutama bagi mereka yang menderita kanker. Umumnya penderita kanker membutuhkan protein lebih banyak daripada orang yang sehat. Dikarenakan nutrisi yang terkandung dalam susu dapat membantu proses pemulihan tubuh, sekaligus mencegah timbulnya infeksi. Sementara lemak terkandung dalam susu dapat membantu tubuh untuk menyerap vitamin, dan vitamin bisa membantu tubuh untuk berfungsi secara normal sekaligus menguatkan sistem imun. Susu juga mengandung air, sehingga membantu pasien kemoterapi untuk mencukupi kebutuhan cairannya setiap hari.

Dengan adanya donasi susu yang diberikan oleh Frisian Flag, para orangtua penerima donasi merasa sangat gembira dan terbantu, bahkan beberapa anak yang menerima donasi susu Frisian Flag, menujukan ekspresi kegembiraan dengan langsung memeluk erat kotak susu bubuk yang diterimanya. Di masa sulit pandemi seperti saat ini, membuat perekonomian orangtua pasien kanker anak semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan susu bagi anak – anaknya.

Yayasan Laskar Aferesis Berbagi mengucapkan terima kasih banyak kepada Frisian Flag Indonesia, atas donasi susu yang telah diberikan dan komitmennya untuk membantu pasien anak Indonesia. Bersama kita memiliki tanggung jawab untuk memberikan yang terbaik untuk pasien anak Indonesia. Oleh karena itu, kami berharap kegiatan donasi ini bisa berlangsung secara berkelanjutan,  sehingga kedepannya kita bisa membantu semakin banyak pasien anak. Terlebih di saat penghasilan keluarga berkurang akibat dampak dari pandemi, asupan nutrisi dari susu bukanlah prioritas yang diutamakan. Beruntung dengan adanya donasi dari Frisian Flag Indonesia, orangtua pasien bisa tersenyum bahagia dan bernapas lega.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top